Selasa, 10 September 2013

Wajah Sehat Bebas Jerawat - Perawatan

Langkah kedua: Merawat dan Menghilangkan Jerawat

1. Ambil benzoyl peroxide. Benzoyl peroxide digunakan untuk membunuh bakteri sebagai penyebab timbulnya jerawat. Benzoyl peroxide terdapat beberapa konsentrat, tetapi kandungan 2.5% sama efektifnya dengan kandungan 5-10%, dan tentunya akan mengurangi iritasi untuk kandungan yang lebih rendah. Benzoyl peroxide juga membantu membersihkan dari lapisan kulit mati, membuat kulit lebih cerah dan mengembalikan kesehatan kulit.


 

 

 

 

 






2. Menggunakan salicylic acid.  Seperti benzoil peroksida, asam salisilat membunuh bakteri bertanggung jawab untuk pertumbuhan jerawat. Hal ini juga menyebabkan sel kulit mengelupas lebih cepat, meningkatkan pertumbuhan kulit baru. Menempatkan sejumlah kecil asam salisilat ke daerah yang terkena sebelum Anda pergi tidur, setelah Anda telah mencuci wajah Anda.


3. Gunakan Pasta Gigi. Pasta gigi mengandung silica, yang berguna sebagai drying agent. Pasta gigi akan mengeringkan jerawat anda dalam semalam, mengurangi ukuran jerawat anda.






Pastikan anda menggunakan pasta gigi natural. Beberapa pasta gigi mangandung sodium lauryl sulfate yang dapat membuat kulit iritasi. Lihat dahulu sebelum menggunakan.













4. Menggunakan Tea Tree Oil. Tea tree oil adalah antibakteri yang berbentuk minyak yang dapat membunuh mikroba yang berdiam pada pori-pori anda. Ambil Tea Tree Oil menggunakan alat tetes, lalu letakkan pada kapas yang berbentuk cotton bud, lalu oleskan pada area yang berjerawat. Tea Tree Oil dapat meredakan bengkak atau radang pada area yang berjerawat.

5. Tumbuk Aspirin. Ambil sebuah aspirin, lalu tumbuk dan dicampur dengan air sampai berbentuk seperti pasta. Ambil menggunakan alat tetes, lalu letakkan pada area yang berjerawat. Biarkan selama semalam, untuk efek aspirin bekerja dapat mengurangi radang dan kemerahan pada jerawat.

6. Gunakan Astrigen pada kulit berminyak. Astringen adalah zat yang menyebabkan jaringan biologis berkontraksi atau mengkerut. Terdapat berbagai manfaat astringent untuk medis.. Astrigen mengandung anti-mikroba yang akan memberikan efek mengurangi ukuran dari jerawat. Beberapa astrigen yang dapat digunakan:

Membeli di toko obat, terdapat dalam berbagai jenis dan ukuran. Lihat yang mengandung benzoyl peroxide atau salicyc acid. Tanyakan astrigen yang bersifat lembut untuk kulit.

Astrigen alami dapat ditemui pada:
  • Lemon Juice. Asam jeruk dapat membunuh bakteri serta mengurangi jerawat dengan efek mengencangkan kulit. Potong sebuah lemon lalu oleskan pada area yang berjerawat.
  • Pisang. Lembutkan pisang lalu  oleskan pada bagian yang berjerawat. Pisang yang dilembutkan juga dapat digunakan untuk mengobati gigitan serangga atau nyamuk.
  • Witch Hazel. Ini adalah astrigen yang mempunyai banyak kelebihan. Cari yang tidak mengandung alkohol. Gunakan sedikit pada area yang sakit, lalu biarkan hingga kering.
  • Green tea. Green tea banyak mengandung zat anti oksidan yang berguna untuk melawan radikal bebas. Rebus green tea dengan air hangat, lalu oleskan pada area yang meradang atau berjerawat.

7. Gunakan Es Batu. Es batu berfungsi untuk mengurangi ukuran pori-pori serta mengecilkan aliran darah dibawah kulit. Jika jerawat terasa sakit, langkah ini dapat menguranginya dengan cepat. Jika anda mempunyai banyak jerawat, kerjakan secara per area. Jika area pertama dirasa bahwa sudah mati rasa, maka pindah pada area berikutnya. Gunakan secara dioles pada area yang sakit. Proses ini dapat digunakan secara berulang-ulang.













8. Gunakan obat tetes mata. Obat tetes mata yang berguna untuk mengatasi mata merah dan iritasi, dapat pula figunakan untuk mengurangi kemerahan dan iritasi pada area kulit seperti berjerawat. Gunakan cotton bud untuk mengolesi area yang berjerawat. Untuk hasil yang lebih efektif, sebaiknya obat mata ini digunakan saat dingin. Masukkan obat tetest mata kedalam freezer selama satu jam, lalu gunakan. Seperti diketahui diatas bahwa dingin berfungsi untuk mengecilkan aliran darah dan mengurangi rasa sakit dengan cepat













9. Cobalah beberapa antihistamin alami. Antihistamin menekan efek pembengkakan pada jaringan kulit orang. Sebagian besar obat ini dapat dicerna dalam bentuk pil, tetapi beberapa dapat dikonsumsi sebagai teh atau digunakan sebagai agen topikal. Langkah ini dapat mengurangi kemerahan. Antihistamin herbal alami meliputi:
  • Coldsfoot dapat efektif sebagai antihistamin alami. Eropa memiliki sejarah panjang menggunakan tanaman untuk menyembuhkan kondisi kulit. Daunnya bisa ditumbuk menjadi pasta atau ekstraknya dapat dicerna dalam bentuk pil.
  • Kemangi juga dapat bekerja sebagai antihistamin alami. Panaskan beberapa tangkai daun kemangi dengan uap sampai layu lalu oleskan pada area yang sakit.

10. Jika setelah semua ini, Anda masih memiliki beberapa jerawat, berkonsultasi dengan dokter kulit. Ada antibiotik dan obat jerawat oral yang lain yang dapat mengobati kulit yang terinfeksi dan berjerawat dengan sangat cepat.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar